eRHa45 – Pelaksanaan program alokasi dana desa yang saat ini sedang di jalan dan menjadi program prioritas pemerintah dalam membangun dan memeratakan pembangunan khusunya di desa harus dilakukan secara optimal, karena ini merupakan prioritas dalam Nawacita pemerintahan Jokowi-JK, jadi kepada kementerian dan instansi terkait agar bisa lebih fokus dalam penanganannya,demikian diungkapkan Anggota Komisi II DPR RI Dapil Kalimantan Tengah Rahmat Nasution Hamka,di Jakarta.

Menurutnya ,“ penyerapan Aanggaran Dana Desa (ADD) yang mengalami hambatan tidak dari peran perangkat desa tapi juga keberadaan tenaga ahli dan pendamping desa perlu diperkuat dan juga mendapat perhatian serius”.

“Proses rekrutmen dan peningkatan kapasitas harus dijalankan secara profesional agr tenaga ahli dan pendamping desa bisa bisa bekerja maksimal “katanya.

Selain itu yg harus juga menjadi penting adalah kesejahteraan mereka,harus ada kejelasan dan keterbukaan atas hak-hak mereka terhadap pendapatan atau gaji perbulan yang di terima.

“Jangan sampai diabaikan atau bahkan telat sampai beberapa bulan dalam pembayaran gaji yang merupakan hak mereka. Berikan kepastian pendapatan dan hak yang harus mereka dapatkan baik dari sisi jumlah maupun waktu penerimaan yang tepat waktu”,tegasnya,

“Hal ini jadi sangat penting agar mereka bisa mengatur dan mengelola dengan baik kebutuhan hidup mereka setiap bulannya.Jika ini tidak di perhatikan bisa berdampak pada adanya rasa tidak nyaman dan gairah dalam melakukan kewajiban mereka selaku tenaga ahli dan pendamping desa”,jelasnya.

Mengapa hal tersebut saya sampaikan karena ada indikasi para tenaga ahli dan pendamping desa belum mendapatkan hak mereka sejak di angkat hingga saat ini.

“Hal ini terjadi di provinsi kalteng dan tidak menutup kemungkinan juga hal yang sama terjadi pada daerah lainnya di Indonesia”,pungkasnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>