Ilustrasi

Kalimantan Utara, Siapkan Pesawat Baru Untuk Akomodasi

eRHa45—Memiliki wilayah yang cukup lebat akan vegetasi hutan, Pemerintah Kalimantan Utara demi wujudkan kesejahteraan masyarakatnya, berencana membeli beberapa unit pesawat besutan PT. Dirgantara Indonesia (PT. DI) N219 Nurtanio.

Dengan hadirnya pesawat ini nantinya, pihak pemerintah Kaltar yakin pesawat tersebut bisa menjadi moda transportasi yang cukup bermanfaat mengingat wilayahnya yang hampir 70 persen hutan yang cukup lebat. Berdasarkan laporan yang dimuat Okezone, telah mengungkapkan aktifitas Gubernur Kalimantan Utara, N Irianto Lambrie dan Wakilnya Udin Hianggio yang datang berkunjung melihat daftar purwarupa pesawat yang dimiliki PTDI, yang kemudian mereka sangat tertarik dengan jenis pesawat N219 sebagai pesawat paling cocok dengan kebutuhan yang diperlukan.

Dikatakan Irianto, dengan melakukan pembelian dengan PTDI dapat memeberikan dampak yang positif, tidak lain, langkah positif tersebut ialah guna mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Utara.

“niatnya Untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat yang di pedalaman dan perbatasan. Selain itu, pesawat ini rencananya pun dapat digunakan untuk bantuan kesehatan”ungkap Irianto, Okeszone, Sabtu (13/1).

Ia menambahkan, jika nantinya sukses pihaknya pun mengklaim akan membeli beberapa unit lagi. Serta tak menutup kemungkinan dikemudian hari Gubernur Kalbar akan melanjutkan pembelian pesawat dari dua sampai empat pesawat.

“Kami ingin menjadikan pesawat N219 Nurtanio ini sebagai ambulans terbang, sekaligus karena ini pesawatnya bisa multifungsi, untuk penyaluran logistik dan pengangkut orang atau penumpang ke daerah-daerah terisolasi di kawasan perbatasan Kalimantan Utara,” kata Irianto.

Lebih jauh, pesawat yang nantinya akan diboyong dan dijadikan pesawat Semi Komersial, yang tidak lain akan dikelola oleh BUMD direktur utama PT. DI Elfien Soebroto, pemerintah telah memberikan apresiasi cukup dengan memberikan dukungan dan program N219 Nurtanio.

Dengan begitu, langkah pasti yang digunakan Pemerintah Kalimantan Barat membeli pesawat N219 adala hal yang tepat. Lantaran dengan itu akan memberikan dampak positif untuk pasar komersil. WES  

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>