Pendidikan

Bicara Soal Kualitas Pendidikan, Kaltara Minim Guru Produktif

eRHa45—Bicara soal pendidikan, pemerintah harus terus melakukan evaluasi lebih jauh tentang kualitas pendidikan Nasional. Terlebih, perkara soal jumlah guru yang di beberapa daerah pelosok masih sangat minim, ketimbang pada kondisi jumlah guru yang ada pada daerah urban.

Perkara ini terlihat jelas dalam beberapa pemberitaan nasional terkait jumlah guru di wilayah pelosok yang masih sangat jauh diharapkan. Seperti yang dilaporkan oleh Tribun (31/1), Jumlah guru produktif pada satuan pendidikan menegah saja pada wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) nampak masih sangat kurang.

Hal tersebut ditegaskan langsung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), yakni guru produktif diterangkan biasanya dibutuhkan oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tepatnya pada mata pelajaran yang cukup teknis seperti, guru perikanan, guru multimedia, teknik mesin, dan pada mata pelajaran teknik lainnya.
Dijelaskan oleh Kepala Disdikbud Sigit Muryono, bahwa dari tiga jenis guru yaitu notmatif,adaptif, dan produktif.

Dari kesemuanya, untuk diwilayahnya saja ia menyesalkan masih sangat kurang. Ia melanjutkan, sebenarnya kekurang guru produktif sudah merata, dari SMK Negeri diterangkan hanya 17 guru, SMK Swata ada 11. Sehingga jika diperhitungkan total, dari 28 SMK yang ada, menurut perhitungannya kurang lebih ada total 57 Prodi saja.

“Kekurangan ini perlu segera dipenuhi proses belajar mengajar mata pelajaran tertentu bisa lebih maksimal,” katanya.

Usul punya usul ia berpendapat, lantaran ini disebabkan angkatan guru produktif pun menjadi faktor. Bahkan ketika ada lowongan guru yang memang dibutuhkan, terpantau masih sangat jarang yang melamar.

“Kita tidak ada produsennya. Misal di Universitas Borneo Misalnya belum ada keguruan teknik mesin. Yang ada itu di provinsi-provinsi tetangga,” tutupnya.WES

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>