Ilustrasi

Bantuan 20 Eskavator Mubazir, Rahmat Sindir Pemerintah Daerah

eRHa45—Bantuan 20 Eskavator untuk wilayah Palangka Raya, yang berasal dari Pemerintah pusat nampak mubazir tak terpakai.

Anggota DPR RI utusan Kalimantan Tengah H. Rahmat N Hamka menyanyakan 20 unit Eskavator tersebut mangkrak tak terpakai oleh pihak dinas terkait. Pasalnya, untuk mendapatkan bantuan unit bantuan pembangunan sangat sulit, sehingga perlu dimanfaatkan secepatnya.

“Setiap Raker (Rapat Kerja) dengan pihak Kementerian terkait, saya selalu mengatakan agar dalam membuat program jangan seragam seluruh Indonesia. Harus dipertimbangkan secara Geografis dan Demografis serta Culture di setiap daerah, misalnya dalam bantuan Alsintan (Alat dan Mesin Pertanian) jangan semua daerah dikasih yang mini, lantaran kondisi alam yang berbeda” ungkap Hamka pada rekan media, Rabu (28/2).

Menurutnya, ini disebabkan iklim alam di wilayah Kalimantan Tengah berbeda dan cukup berat. Sehingga, untuk bantuan Alsintan mini seperti saat ini tak tepat untuk digunakan. Baiknya, penggunaan alat berat sangat cocok untuk wilayah pertanian Kalimantan Tengah seperti Eskavator dan Dozer, yang diperlukan untuk land Clearing sehingga lahan sawah siap untuk dipakai.

“Alat Besar tersebut juga bisa dipakai untuk para peladang yang wilayah masuk dalam kategori sawahnya kering. Sehingga meraka dapat memfungsikan lahannya secara optimal sehingga tunggul dan kayu tersisa dapat terkupas dengan menggunakan alat tersebut” lanjutnya.

Diketahui, untuk bantuan Eskavator dan Dozer di tahun 2017 lalu untuk wilayah kalimantan Tengah dari Kementerian Pertanian, dan sayangnya alat berat tersebut masih belum difungsikan serta nampak tertumpuk tak terpakai di Palangka Raya.

“Alasan dari Dinas Pertanian Provinsi teknis penyerahan alat berat tersebut masih belum diterima Kementerian, sehingga alat belum bisa dibagikan. Padahal menurut Kementerian Pertanian alat berat tersebut harus segara dibagikan untuk pengembangan pertanian”tutupnya.WES

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>