Rahmat N Hamka Anggota DPR RI Dapil Kalimantan Tengah

Pemerintah Lamban Atasi Kebakaran Lahan, Rahmat N Hamka:”Jangan Sampai Nodai Asian Games 2018″

eRHa45—Berawal dari makin maraknya peristiwa kebakaran hutan di wilayah Kalimantan, Anggota DPR RI Dapil Kalimantan Tengah Rahmat N Hamka, Selasa (14/3). Menyikapi kritis atas sikap pemerintah yang masih lamban dalam menanggulangi bencana kebakaran lahan.

Hal tersebut dilontarkan saat sesi angkat suara dalam sidang internal Anggota DPR RI, Bagi Hamka pengeluaran solusi larangan pembukaan lahan pertanian dengan pembakaran masih belum efektif, dan dari beberapa jajaran terkait seperti TNI dan Polri pencegahannya masih belum terlihat sistematis.

“Kami telah melihat, bahwa dari semua jajaran terkait masih belum terlihat ada upaya pencegahan sistematis sehingga masih sering terjadi peristiwa kebakaran hutan” tegasnya.

Bahkan menurutnya terkait peraturan, justru Pemerintah terlihat baru-baru ini mengeluarkan solusi pencegahan kebakaran hutam. Yang diketahui, tak sedikit masyarakat sebelumnnya dalam membuka lahan pertanian dengan melakukan pembakaran.

“Sampai saat ini, baru sekarang pemerintah mengeluarkan solusi atau jalan keluar bagi para pembuka lahan yang akrab dengan melakukan pembakaran untuk lahan petani, khususnya di pedalaman Kalimantan maupun luar Kalimantan seperti Pulau Jawa dan sekitarnya” lanjutnya.

Rahmat menegaskan, dari perkara pembakaran hutan yang masih sulit dientaskan. Jangan sampai menodai marwah negara dalam melaksanakan event besar Asian Games 2018 yang digelar dalam waktu dekat. Sehingga kedepannya pemerintah dan DPR RI seharus fokus dan memberikan respon cepat untuk mengatasi kebakaran hutan yang sering terjadi.

Terlebih, Rahmat masih menyangkan sikap pencehagan yang dilakukan dari jajaran yang terkait masih bersifat pastisipasi. Namun tidak saling memfasilitasi sarana dan prasarana yang diperlukan saat kebakaran hutan dan lahan berlangsung.

“Pencegahannya tak hanya partispasi, pihak terkait perlu saling memfasilitasi sarana dan prasarana. Lantaran kami melihat dilapangan jangan hanya menggunakan ranting untuk memadamkan” tutupnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>