Ilustrasi

Moratorium Pengurangan PNS Tenaga Medis, Kalimantan Barat Kekurangan Perawat, Dokter, dan Bidan

eRHa45– Semarak Indonesia dalam misi mewujudkan Nawacita pembangunan nasional, nampaknya harus melihat kembali pembangunan di lingkup kualitas kesehatan masyarakat. Pasalnya, untuk di wilayah Kalimantan Barat dikabarkan masih kekurangan tenaga kesehatan seperti Perawat, Dokter, Ahli Gizi, bahkan Bidan.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat (Kalbar) Andy Jap, bahwa perkara kekurangan terbukti dari jumlah tenaga Bidan yang terdata hanya 500-an dan masih sangat jauh dari yang diharapkan untuk pemerataan layanan kesehatan di 14 Kabupaten dan Kota di kalimantan Barat.

“Bidan saat ini masih kurangnya masih 500-an se Kalimantan Barat, untuk jumlah Dokter bahkan lebih kurang” ucap Andy, Kompas, Selasa (27/03).

Menurutnya, hal ini disebabkan dari moratorium pembatasan sementara dari penambahan pegawai negeri sipil tenaga medis, yang kemudian membuatnya harus kembali merancang strategi khusus guna memaksimalkan pelayanan kesehatan.

“Ada upaya pengurangan defisit itu. Karena pegawai Tidak tetap (PTT) tidak boleh, maka ada program persiapan khusus untuk daerah terpencil, daerah sulit dan daerah memang kurang diminati” tambahnya.

Maka program persiapan tenaga kerja kesehatan yang sebenarnya adalah asli program Kementerian Kesehatan (Kemenkes) adalah solsusinya. Sehingga peserta yang ikut dalam program tersebut nantinya akan dikontrak selama dua tahun, untuk itu bukan hal yang aneh jika wilayah Kalimantan Barat tercatat sebagai wilayah penugasan mereka.

Dengan jangkauan wilayah, daerah perbatasan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Senaning, Kabupaten Sintang dan Entikong, dan terakhir Kabupaten Sangau.

“Hal tersebut merupakan salah satu kebijakan Kemenkes untuk mengatasi kekurangan tenaga kesehatan di berbagai daerah” pungkasnya.WES

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>