Ilustrasi Budaya

Sanggar Tari Lokal Siap Poles Generasi Muda Untuk Sadar Budaya

eRHa45—Ingin mempertahankan kebudayaan tradisional masyarakat Dayak, generasi muda diharapkan bisa menyalurkan bakat dan kreativitas mereka. Yang diwujudkan dalam bentuk wadah sanggar seni dan budaya Dayak, Seperti sanggar tari Tingang Hakampeleng Renteng (THR).

Masih terbilang baru dalam mengembangkan dunia seni tari tradisional, Sanggar Seni THR perlu menjadi perhatian lantaran potensi bakat muda yang mampu bersaing untuk melestarikan budaya adat dayak.

Untuk itu, Pembina Sanggar Seni THR, Ida Ayunia menjelaskan. Dalam dunia pagelaran seni kebudayaan, THR telah banyak turut serta. Salah satunya ialah “Maneser Tatu Hiang” dengan mengikuti lomba tari etnik, busana etnik anak, lomba menyipet, bahkan lomba karungut dan lawang sakepeng.

“Alhamdullilah, walaupun Sanggar kami bisa dibilang Sanggar pendatang baru, namun dalam beberapa event, kami berhasil menjadi juara. Salah satunya pada saat acara ‘Maneser Panatau Tatu Hiang’ Tahun 2018 kemarin, kami berhasil menjadi juara 1 di dua kategori, yaitu lomba manyipet dan lomba Karungut. Ini merupakan suatu kebanggan untuk kami.” Terang Ida, seperti yang dilaporkan BeritaSampit, pada (20/5).

Ia melanjutkan, dengan berdirinya sanggar seni THR adalah untuk menciptakan aura positif serta menyalurkan bakat dari generasi muda saat ini.

“yang pasti dengan adanya wadah untuk menyalurkan bakat, para generasi muda bisa terhindar dari hal-hal negatif seperti bahaya Narkoba, bahkan para generasi muda juga bisa melestarikan kebudayaan tradisional suku Dayak di Kalteng, agar tidak tidak tergerus oleh waktu dan era yang semakin canggih ini.” lanjutnya.

Tidak hanya itu, Ida pun berharap pemerintah bisa memberikan support lebih untuk kesenian tradisional masyarakat Dayak.

“Pemerintah juga harus membina kesenian dan budaya dayak Kalteng sehingga bisa di kenal di nasional dan internasional. Dan juga pemerintah juga harus sering mengadakan perlombaan kesenian daerah,” tegasnya.WES

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>