Ilustrasi Pajak, Foto @Jurnal.id

Gubernur Kalteng, Temukan Perusahaan Tak Taat Pajak

eRHa45–Perusahaan yang bermain dengan pajak akan ditindak tegas oleh Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran. Pasalnya, Ada Perusahaan Besar Swasta (PBS) yang bergerak di bidang perkebunan terindikasi melakukan permainan pajak.

Sugianto Sabran mengatakan, pihaknya sudah melakukan penyidikan dari beberapa perusahaan yang diduga melakukan tindak penyelewengan pajak.

“Saya dapat informasi ada perusahaan yang lahannya 100 ribu hektare, tapi pajaknya hanya Rp28 miliar. Ini tentu ada yang salah, Rp500 miliar daerah kita kehilangan pendapatan pajak” Kata Sugianto, Rabu (30/5).

Kemudian berdasarkan hal tersebut, Gubernur akan melakukan menemui Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk berkonsultasi terkait perusahaan yang diduga tak tertib bayar pajak. Ini dilakukan dengan tujuan agar Pemprov Kalteng dapat menindak secara tegas atas perusahaan yang senang menyeleweng dari kewajiban pajak.

“Kami akan tanyakan ini ke MenterI Keuangan, dan ini merupakan kejahatan keuangan. Apakah ratusan lahan itu ilegal, sehingga tidak mau membayar pajak. Ini akan kami telusuri” ucapnya.

Baginya jika benar apa yang dimaksudkan itu terjadi, maka sanksi tegas berupa pencabutan izin oprasi akan dilakukan. Karena perusahaan harus tertib pajak dan tak main-main.

“Akan kita beri sanksi tegas, karena kejahatan pajak ini luar biasa. Kita tidak ingin investor mengeruk keuntungan saja. Tapi harus memperhatikan masyarakat juga, dan pajak ini juga akan berguna untuk pembangunan daerah yang akan dinikmati oleh masyarakat” pungkasnya.RED

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>