Rahmat hamka

Warga Tuntut Realisasi Plasma, Rahmat;”Hak-Hak Mereka Harus Dipenuhi”

eRHa45—Perkara plasma yang masih belum diupayakan oleh Perusahaan Besar Sawit (PBS), seperti PT SCP 2 dan PT BAFM mendapat reaksi khusus dari berbagai pihak. Salah satunya Anggota Komisi IV DPR RI, Rahmat Nasution Hamka.

Menurutnya pihak PBS tersebut dituntut untuk segara melakukan realisasi plasma untuk masyarakat Desa Hambawang dan Dusun Lumpur, Kecamatan Sebangau, Kabupaten Pulang Pisau.

“Hak-hak mereka (masyarakat) berupa plasma yang pernah dijanjikan pihak PBS ini harus segera direalisasikan. Intinya keberadaan PBS harus memberi dampak kesejahteraan bagi masyarakat sekitar, karena plasma merupakan kewajiban perusahaan dan hak masyarakat yang harus dipenuhi,” ucap Rahmat, dikutip Kaltengpos (4/6).

Selain permasalahan plasma, ia juga menyinggung maslah CSR perusahaan harus lebih jelas dan dikontrol, pasalnya jika hal itu dilakukan akan tidak tepat sasaran, terlebih perkara CSR ini sangat dekat sekali dengan awak media.

“Kita minta semua pihak agar dapat mendorong hal tersebut segera terwujud. Kalau ditemukan adanya unsur penyimpangan harus segera diusut,” lanjutnya.

Lebih jauh, Camat Sebangau Kuala Herman Wibowo mengatakan, bahwa ia masih belum bisa memberikan banyak keterangan lebih jauh terkait permasalahan tersebut. Karena, lanjut dia, dirinya masih belum tau mengenai tuntutan warga dari persoalan plasma.

“Sampai saat ini belum mendapatkan laporan secara resmi dan tertulis mengenai kondisi tersebut, dan saya pikir pihak desa langsung ke perusahaan menyampaikan hal tersebut, apabila perlu bantuan kami, kami siap memfasilitasi dengan pihak perusahaan,” terang Herman.

Walaupun sebelumnya, Herman dan warga setempat sudah melakukan jalan mediasi. Namun upaya tersebut masih menemukan titik terang.

“Proposal kemitraan pun sudah kami ajukan dengan bermodalkan koperasi yg sudah berbadan hukum, akan tetapi sampai saat ini nihil. Terus terang kami sangat merasa kecewa terhadap pihak-pihak terkait dalam menyelesaikan persoalan ini,” pungkasnya.WES/RED

 

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>