Ilustrasi Perkebunan Jagung

Tahun 2020, Kabupaten Barito Utara Siap Jadi Lumbung Jagung

eRHa45—Komoditas jagung yang selama ini masih dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat, rupanya kini pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) berupaya memprioritaskan komoditas jagung sebagai penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD), yang akan dipusatkan di wilayah Kabupaten Barito Utara untuk menjadi sentra lumbung jagung.

Wacana Pemrov tersebut ditargetkan pada 2020 mendatang, ini didasari dari permintaan pasar yang cukup kuat dan kisaran harga komoditas jagung yang sudah mencapai Rp 2.5 juta sampai Rp 3 juta per ton. Faktor pendukung lainnya pun ditenggarai ketersediaan lahan yang cukup di wilayah Kabupaten Barito Utara.

Kepala Dinas Pertanian Barito Utara, Setia Budi dikutip dari Tribun menjelaskan. Fakta harga jual komoditas jagung yang cukup tinggi. Mempeerkuat masyarakat untuk menggarap lahan mereka untuk beralih fungsi yang semula perkebunan karet kemudian ditanami tanaman jagung.

Menurutnya ini adalah siklus harga karet yang cenderung menurun, dan semkain terbukanya pasar komoditas jangung di beberapa wilayah setempat.

“Ini membuat masyarakat sangat bergairah untuk membuka lahan dengan tanaman jagung” ungkap Budi, Sabtu (1/7).

Terlebih berdasarkan data miliknya, kabupaten Barito Utara di tahun 2018 ini terdapat sekitar 1.650 hektar lahan untuk dikembangkan tanaman jagung, yang disebar untuk 9 kecamatan. Bhakan ada 1.200 hektar lahan untuk budidaya tanaman padi gogo pada musim tanam Oktober-Maret 2018/2019.

Kuatnya dukungan pemerintah setempat, lanjut Budi, sudah dirunkan berupa dua Ekskavator dan satu unit Buldozer untuk digunakan membuka lahan. (Wes)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>