Kondisi Penemuan Bangkai Orangutan

Penemuan Bangkai Orangutan: Di sekujur Tubuh Banyak Luka Terbuka

eRHa45—Ulah manusia merusak ekosisistem alam terulang kembali, kali ini satu primata Orangutan jantan ditemukan mengapung di sekitar kanal sungai wilayah industry PT. Wana Sawit Subur Lestari II, tepatnya lokasi penemuan tersebut berjarak 7.8 Kilometer dari Taman Nasional Tanjung Putting, Kalimantan Tengah.

Penemuan bangkai Orangutan rupanya dibenarkan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah, yang kemudian setelah ditemukan pihak terkait Balai Konservasi langsung mengindentifikasi bangkai Orangutan tersebut.

Seperti dikutip Antara, penemuan bangkai itu pertama kali oleh Resianto karyawan PT. Wana Sawit Subur Lestari, yang kemudian Resianto langsung melaporkan hasil temuannya itu kepada petugas Resort Telaga Pulang SPTN I Pembuang Hulu Balai TN Tanjung Putting.

“Penerima informasi terkait temuan bangkai orangutan itu saudara Dodi Kurniawan, petugas Resort Telaga Pulang SPTN I Pembuang Hulu Balai TN Tanjung Puting. Kalau penemuannya itu, Minggu (1/7) sekitar pukul 16.00 WIB,” ucap Agung, Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Pangkalan Bun Kantor BKSDA Kalteng, Rabu (4/7/2018).

Berdasarkan pantauan, salah seorang staf Orangutan Foundation International (OFI) Fajar Dewanto menjelaskan, bahwa bangkai Oranguan yang ditemukan saat ini ialah bukan Orangutan liar. Melainkan Orangutan binaan yang bernama Baen dengan jenis kelamin jantan dan berumur 20 tahun.

“Baen adalah orangutan yang pernah OFI translokasi pada tanggal 23 September 2014 dari PT WSSL 2 blok R 31-32. Di translokasi ke Camp Seluang Mas,” tegasnya.

Bahkan berdasarkan hasil dokter hewan Orangutan Care Center dan Quarantine Pangkalan Bun, Ketut Prasojo menyebutkan, kondisi bangkai Orangutan Baen itu ditemukan sudah tak memiliki jempol dan tangan kanan yang hilang. Kemudian ada luka terbuka pada jari telunjuk tangan, tangan kiri, telapak kaki kiri, lalu di telapak kaki kiri.

Dilihat, pada pergelangan kaki kanan terdapat bekas ikatan dan luka terbuka. Luka di punggung tangan kanan, pnggang sampai tubuh bagian kiri. (Wes)

 

 

 

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>