Momen Rahmat Hamka Memberikan Materi di Acara Bimtek Budidaya Ayam KUB; foto BeritaSampit

Tingkatkan Kesejahteraan Peternak Ayam, Rahmat Hamka Gandeng Kementerian Pertanian

eRHa45—Dalam upaya peningkatan kesejahteraan di sektor perternakan, Pemerintah Provinsi Kalimantan tengah menggandeng Kementerian Pertanian pusat untuk memberikan bantuan ayam kampung Kampung Unggulan Balitbang (KUB) pada masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Prosesnya dari unpaya peningkatan kesejahteraaan itu, Pemprov Kalteng meggelar Bimbingan Teknis Budidaya Ayam. Dengan tingkatan skala Rumah Tangga pada Jumaat lalu, (4/8/2018).

Pada momen acara bimbingan teknis tersebut, Anggota Komisi IV DPR-RI Rahmat Nasution Hamka secara bangga memberikan tanda simbolis berupa sebuah ayam kampung bagi beberapa masyarakat peternak ayam. Tidak hanya itu Rahmat juga berpesan agar tidak menjual bantuan yang sudah diberikan oleh Kementerian Pertanian pusat. Sebab apa yang diberikan, merupakan  “alat” untuk meningkatkan taraf ekonomi peternak ayam.

“Saya berharap ini tidak akan selesai sebagai bantuan semata. Saya akan awasi terus-menerus,” ucap Hamka pada daring online BeritaSampit.

Secara rinci, bantuan yang diberikan di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat kurang lebih seratus masyarakat masing-masing peternak ayam menerima 200 ekor ayam kampung unggulan beserta dua karung pakan yang sudah disediakan.

Sementara itu Suharsono selaku peneliti Balitbangtan menjelaskan, bantuan ayam kampung KUB unggulan tersebut rupanya memiliki daya tahan yang sama dengan ayam kampong biasa. Kelebihannya, ayam kampong KUB ini bisa tumbuh berkembang lebih cepat.

“Pada usia 3 bulan sudah bisa bertelur, dan mencapai bobot yang layak dikonsumsi,” kata Suharsono. (Wes)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>