Ilustarasi Kemaru Panjang

Dampak Kemarau Panjang, Petani Mulai Kekurangan Air

eRHa45—kemarau panjang yang telah melanda banyak daerah di Indonesia, membuat para petani Kalteng mengeluhkan soal irigasi. Pasalnya waktu kemarau yang cukup lama, telah mengakibatkan tanaman petani terancam gagal panen.

Perihal ini secara langsung ditegaskan oleh pemangku politik di Kalteng yakni Lodewik Christopel Iban melalui Wartaekonomi, menurutnya kini Pemprov Kalteng telah berupaya membangun irigasi tambahan untuk menyuplai pasokan air bagi para petani.

“Bukan hanya tanaman padi rawan gagal panen, tapi juga buah-buahan yang telah ditanami petani. Misalnya saja buah semangka yang ditanam petani di Kabupaten Kapuas, itu bisa gagal panen akibat kemarau panjang,” jelasnya, Rabu (22/8/2018).

Lebih jauh ia memaparkan langkah membangun irigasi adalah upaya optimal untuk mengatasi iklim kemarau panjang. Kemudian apabila  jika APBD Pemprov ataupun kabupaten/kota belum mampu untuk mengatasi hal tersebut, ini sudah sewajarnya akan diupayakan ke pemerintah pusat.

Bahkan sudah menjadi kewajiban Kepala Daerah bersama satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) setempat dalam mencari solusi terhadap kendala yang dihadapi masyarakat, khususnya petani.

“Pertanian itu bidang penting dalam meningkatkan perekonomian, membuka lapangan pekerjaan sekaligus memenuhi kebutuhan pangan di Provinsi Kalteng. Jadi, adanya keluhan dari petani dalam mengembangkan pertanian saat musim kemarau harus dicara solusinya,” lanjutnya.

Ia pun menyarankan agar Pemprov mengupayakan secara optimal terlebih dahulu dalam memberikan bantuan bagi para petani di wilayah Kalteng.

“”Pemerintah se-Kalteng perlu melakukan dan memberikan bantuan kepada para petani, baik itu petani padi maupun petani buah,” pungkasnya. (War/Wes)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>