Ilustrasi CPNS 2018: Foto; Bangsaku

Palangka Raya Butuhkan 202 Tenaga PNS di Tahun 2018

eRHa45—Menjelang pembukaan pendaftaran CPNS yang jatuh pada tanggal 19 Sepetember 2018, tidak sedikit pemerintah daerah mulai mengumumkan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dibutuhkan. Salah satunya ialah pemerintah Kota Palangka raya yang menyebutkan akan membutuhkan 202 CPNS baru di tahun ini.

Dalam hal ini Kalteng Pos pada 11 Sepetember 2018 merincikan, bahwa untuk Kota Palangka Raya skema formasi yang dibutuhkan meliputi 2 orang untuk eks tenaga honorer K2, tenaga guru sebannyak 77 orang, tenaga kesehatan 57 orang, kemudian tenaga teknis sebanyak 66 orang.

“Total formasi untuk Palangka Raya berjumlah 202 orang” ucap Walikota Palangka Raya Riban Satia membenarkan jumlah data jatah tenaga PNS yang tersebar.

Tidak hanya itu, Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono menjelaskan, saat ini ada dua sektor tenaga kerja PNS yang sangat dibutuhkan. Keduanya adalah tenaga kerja dibidang pendidikan dan kesehatan, walaupun ia sebenarnya masih belum melihat secara pasti skema formasi PNS yang dibutuhkan.

Berdasarkan usulan beberapa tahun lalu, lanjutnya, dirinya sudah mengajukan ke pusat terkait sektor tenaga PNS di dua bidang tersebut, dengan alasan bidang kesehatan dan pendidikan di Palangka Raya dinilai masih sangat kurang.

Sementara itu Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten (BKPP) Kobar Aida Laila mengklaim juga sudah menerima rincian data CPNS. Dengan jatah untuk di Kabupaten Kobar ialah sebanyak 232 orang sesuai keputusan Kemenpan-RB.

“Rinciannya, tenaga pendidikan 144, tenaga kesehatan 88. Pendidikan untuk guru TK 4 orang, SD 100 orang, dan SMP 40 orang. Sedangkan tenaga teknis tidak mendapat jatah ” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa untuk proses seleksi, nantinya akan digelar di Kota Sampit, lalu Seruyan, Lamandau, dan Sukamara. Jadi, tegas Aida, untuk Kalteng ada empat titik tes pelaksanaanya yakni BKN regional, Palangka Raya, Barito Utara, dan Kotim.

“Jadi Kobar akan bergabung dengan Kotim, dan kami juga menghimbau kepada masyarakat, agar tidak tergiur dengan orang yang tidak bertanggung jawab. Pelaksanaannya dengan sistem CAT. Tolong kehati-hatian masyarakat” pungkasnya. (Red/Wes)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>