Segenap Pemprov dan Pihak Terkait Bantu Korban Bencana

Pemprov Kalteng Galang Dana Rp19,1 Miliar untuk Korban Bencana Sulteng

eRHa45— Besarnya bencana yang melanda Provinisi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang bertempat di Dongala dan Palu, membuat Pemprov Kalimantan Tengah (Kalteng) serta berbagai elemen tergerak untuk melakukan penggalangan dana.

Seperti yang dilansirkan media lokal Harianaceh pada Jumaat (9/10/2018) kegiatan galang dana tersebut dilakukan saat bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-73, dan berhasil mengumpulkan Rp19,1 miliar untuk membatu korban gempa bumi dan tsunami.

“Pemerintah Provinsi mewaliki masyarakat Kalteng menyumbang Rp2 miliar yang diambil dari APBD. Tentu sumbangan itu atas persetujuan dari Ketua dan Anggota DPRD Kalteng,” kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Dana yang sudah terkumpul pun diketahui berasal dari Pemprov Kalteng sebesar Rp2 miliar, lalu donasi pribadi Gubernur Kalteng dan keluarga sendiri sebesar Rp1 miliar, Polda Klateng Rp1,5 miliar, dan Pemerintah kabupaten/kota se-Kalteng Rp7 miliar, Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng bersama Asosiasi Pertambangan Kalteng Rp7,5 miliar, dan Korem 102 Panju Panjung.

Sabran mengatakan, bahwa Pemprov Kalteng tak hanya membantu korban gempa. Namun bantuan Rp19,1 miliar juag tersebut  termasuk untuk Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Untuk jumlahnya, bantuan NTB dianggarkan Rp10 miliar melalui APBD-P tahun 2018 yang sudah disetujui oleh pimpinan dan anggota BPRD Kalteng.

“Informasi yang kami terima dari, personil Polda Kalteng akan berangkat ke Palu dan Donggala untuk membantu korban bencana. Setelah itu akan disusul oleh Pemerintah dan masyarakat yang ada di Kalteng,” lanjutnya.

Menyikapi hal tersebut Kalpolda Kalteng Irjen Pol Anang Revandoko senada dengan Gubernur Kalteng, dimana k prosesnya dana bantuan tersebut akan langsung didonasikan ke Provinsi Kalteng.

“Bantuan yang nantinya disalurkan berupa logistik, obat-obatan, bahan makanan dan lainnya. Tenaga medis juga akan diberangkatkan dari Kalteng ke Sulteng,” kata Anang.

 

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>