Situasi Pembangunan Jembatan Tumbang Samba, Dok. Kompas

Pembangunan Jembatan Tumbang Samba Kalteng Bakal Rampung November 2019

eRHa45—Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah berupaya menyelesaikan pembangunan Jembatan Tumbang Samba yang menghubungkan Desa Tolok dengan Desa Samba Danum, Kecamatan Kantingan Tengah, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Pembangunan jembatan ini nantinya akan menjadi jalur nasional dari Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat ataupun sebaliknya, guna menopang perekonomian di wilayah setempat.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, infrastruktur jembatan, flyover dan underpas itu mampu memperlancar konektivitas untuk masyarakat.

“Jembatan perlu dibuat indah dengan memasukan elemen budaya lokal sehingga bisa menjadi kebanggaan masyarakat dan menambah estetika kota,” kata Basuki, melalui Pos Kupang, Jumaat (5/10/2019).

Jembatan yang telah dibangun pada tahun 2017 lalu memiliki nilai kontrak Rp284.31 milyar dengan panjang jembatan 843,2 meter. Hal tersebut membuat jembatan Tumbang Samba bergelar jembatan terpanjang “Buluk Tambun Bungai” yang dilengkapi jembatan penghubung dan jalan pendekat pada kedua sisi.

Saat dikonfirmasi lebih jauh mengenai proses pembangunan, Kepala Balai Besar Pleaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XI Banjarmasin, Timbul Pasaribu mengutarakan, sampai 4 Oktober 2018 persentase progress pembangunan sudah mencapai 67,54 persen dan tingga tersisa pekerjaan penyambungan bentang tengah.

Ia menambahkan bahwa Jembatan Tumbang Samba diupayakan November 2019 akan mulai bisa digunakan sesuai kontrak yang berjalan. Berdasarkan pemantauan, pembangunan jembatan tersebut berjalan lancar dan tak mengganggu akses kapal penyebrangan masayarakat. Dari pembangunan tersebut kedepannya masyarakat akan dimudahkan dalam melakukan penyebrangan tanpa harus menggunakan kapal Fery.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>