Ilustrasi Kapal Yatch. Ilustrasi, Dok. Sinar harapan

Perkenalkan Kebudayaan, Para Yatcher Disambut Meriah Oleh Masyarakat

eRHa45—Peserta Yatcher Wonderful Sail To Indonesia Rally 2018 saat ini singgah di Desa Pasir Panjang, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah (Kalteng), melihat momen ini masyarakat cukup antusias yang kemudian disuguhi dengan tarian dan minuman khas Dayak.

Keramahan masyarakat juga ditunjukan dengan mengajari para Yatcher menggunakan permainan, sejata tradisional, serta cara memasak di Huma Betang Desa Pasir Panjang.

“Ini pertama kali kami mencoba mengunakan sumpit. ternyata cukup mudah dan menggembirakan saat tembakan kami mampu masuk ke bidang sasaran,” ungkap Alan salah seorang Yacther warga negara Perancis, Republika, Senin (8/10/2018).

Tidak hanya Alan, Cathy istrinya pun sangat mengapresiasi dari acara penyambutan yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Menurutnya, ia baru pertama kali melihat jenis dan unsur kebudayaan di Kotawaring Barat tersebut.

Cathy juga mengatakan, ia sangat ingin mencoba menggunakan sumpit. Bahkan dirinya mengaku sangat beruntung sebab belum tentu semua orang bisa menggunakan alat perang tradisional tersebut.

“Alan merupakan mantan penyelam. Jadi untuk mengatur pernafasan ia tidak begitu menemukan kesulitan. Tapi tetap saya yang paling beruntung karena mengenai lingkaran yang menjadi sasaran,” lanjut Cathy.

Sementara Pemprov Kalteng yang bekerjasama dengan Pemkab Kotawaringin Barat, mengklaim sudah cukup rapih dalam mengemas dan mempersiapkan cara penyambutan Yatcher tersebut. Seperti makan malam khas kuliner, hiburan kesenian, hingga ragam budaya Kalteng lainnya.

Tidak hanya itu pihka terkait juga sudah menyiapkan objek wisata Tanjung Puting untuk diperkenalkan oleh para Yatcher. Dengan agenda wisata Camp Tanjung Puting Orang Utan Prof Dr Birute Galdikan dan Camp leakey.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>