Terkait wacana bahwa Palangka Raya menjadi ibu kota Indonesia, insyaallah kami siap, Dok. Detik

Gubernur Kalteng Nyatakan Siap untuk Jadi Ibukota Negara

eRHa45—Wacana pemindahan Ibukota Indonesia rupnya ditangapi serius oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran, dengan melontarkan pernyataan kesiapannya untuk hal tersebut.

“Terkait wacana bahwa Palangka Raya menjadi ibu kota Indonesia, insyaallah kami siap,” ucapnya mengutip Detik, di deadpan Tim Ekspedisi Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APSI), Sabtu, (20/10/2018).

Sementara Pejabat Sekda Provinsi Kalteng Fahrizal Fikri menjelaskan, Bappenas dan Badan Informasi Geospasial kini sedang melaksanakan riset Feasibility Palangka Raya untuk menjadi Ibukota Indonesia di masa mendatang.

“Secara geografis Palangka Raya tidak berada di cincin api sehingga tidak rentan gempa dan bencana lainnya, lanskapnya datar, berada di antara sungai-sungai besar dan lokasinya tepat berada di tengah Indonesia,” ucapnya.

lebih jauh ia juga menjelaskan, untuk di wilayah Kalteng pun saat ini dibagi menjadi tiga zona pengembangan untuk pengembangan potensi ekonomi.

“Zona pertama di wilayah barat memiliki potensi industri berbasis sawit, industri berbasis metal perikanan tangkap, dan pengembangan pelabuhan samudra. Kemudian zona kedua di tengah untuk pengembangan agroindustri, budi daya perikanan, dan kawasan perfilman Asia Tenggara. Terakhir Zona 3 di wilayah timur sedang dilakukan pengembangan tenaga listrik, industri berbasis hasil hutan dan karet,” kata dia.

Menurutnya selain fokus untuk pengembangan industri, Pemprov Kalteng juga seriud untuk melestarikan alam hayati. Yakni dengan mengembangkan potensi Taman Nasional Tanjung Putting sebagai pusat konservasi Orang utan, dan Taman Nasional Sebangau untuk Ekoswisata, serta konservati jayati di pegunungan Muller Schwaner yang kemudian karab dikenal sebagai  Heart of Borneo.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>