Ilustrasi Karhutla, Dok. Kalteng.go.id

Mulai 10 November 2018, Status Bencana Karhutla Bakal Dicabut

eRHa45—Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Nasional mengumumkan mulai tanggal 10 November 2018, status bencana kebakaran hutan (Karhutla) Kalimantan Tengah akan dicabut tak lagi diperpanjang.

Ini dikarenakan kondisi cuaca yang mulai kondusif, ditandai mulai masuknya ke musim penghujan.

“Rapat evaluasi dari semua instansi dan stakeholder terkait yang masuk dalam Satgas Karhutla sudah dilakukan tanggal 30 Oktober lalu dan sepakat memutuskan terhitung 10 November status siaga berakhir,” ujar Cristian Rain, Palangka Raya, Kamis lalu (1/11/2018).

Dengan begitu kedepaannya Pusat Pengendalian Oprasi (Pusdalops) yang bertempat di Jalan Tjilik Riwut akan kembali Pusdalops seperti biasa. Kemudian untuk beberapa posko lapangan nantinya akan ditarik terhitu mulai hari ini, Jumaat (2/11).

Critian menjelaskan dari pencabutan status tersebut itu didasarkan evaluasi beberapa titik yang hampir “Zero”, Ramalan BMKG juga telah menyebutkan di awal November ini sudah memasuki musim penghujan, yang ditujunkan dengan gambaran air hujan diatas 150.

Disisi lain Kabid Oprasi Karhutla yang tak mau disebutkan namannya, sangat mengapresiasi atas kerja kerasnya selama menangani Kerhutla. Ia juga berharap, kekompakan yang sudah terjalin bisa terus terjaga demi kebaikan masyarakat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>