Ilustrasi kawasan permukiman padat penduduk yang dibalut kemiskinan. - Antara/Aprillio Akbar

Pembangunan Nasional: Jumlah Masyarakat Miskin Kalteng Berkurang

eRha45—Jumlah penduduk miskin di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) per September 2018 tercatat sebanyak 136.446 orang. Data ini menunjukan adanya penurunan sekitar 5.10 persen atau 1.438 orang jika dibandungkan dari Sepetember 2017 yang mencapai 137.884.

Menurut Badan Pusat Statistik pengurangan penduduk miskin itu ebih banyak yang tinggal di pedesaan dibandingkan dengan pedesaan.

“Penduduk miskin di perdesaan berkurang sebanyak 1.228 orang, sedangkan di perkotaan hanya sekitar 210 orang,” ucap Kepala BPS Kalteng Yomin Tofri di Palangka Raya, Bisnis.com, pada Selasa (15/1/2019).

Meski demikian, secara keseluruhan jumlah jumlahnya masih lebih banyak. Yakni penduduk miskin per September 2018 mencapai 88.319 orang, sedangkan di perkotaan tercatat 48.127 orang.

Yomin mengatakan, ukuran kemiskinan seseorang untuk September 2018 dilihat dari pengeluaran per kapita per bulan rata-rata Rp427.494, naik dibandingkan dengan September 2017 yang hanya Rp406.836.

“Cara melihatnya dengan memperhatikan komponen garis kemiskinan yang terdiri dari garis kemiskinan makanan (GKM) dan garis kemiskinan bukan makanan (KGBM),” lanjutnya.

Berdasarkan data selanjutnya, BPS Kalteng menilai peranan komoditas makanan masih jauh lebih besar dibandingkan dengan bukan makanan, dalam menyumbang tingkat kemiskinan. Komoditas makanan menyumbang 79,07%, sedangkan bukan makanan sekitar 20,93%.

Komoditas yang dimaksud itu diantaranya; beras, rokok kretek filter, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir, mie instan, kue basah, daging sapi, kopi bubuk dan kopi instan, serta tahu.

“Kalau komoditas makanan penyumbang kemiskinan di perdesaan terdiri dari beras, rokok kretek filter, gula pasir, daging ayam ras, kue basah, telur ayam ras, mie instan, kopi bubuk dan kopi instan, bawang merah, serta cabe rawit,” tutupnya. Red

 

 

 

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>