Momen Sugianto Sabran Saat Berbincang dengan Ketua Karang Taruna Kalteng Abdul Hafid (kiri) belum lama ini di Sampit dalam kegiatan Kebangsaan, Dok.Beritasampit

Pemerintah Kota dan Kabupaten, Jangan Tergantung Satu Potensi

eRHa45—Untuk mempercepat ekonomi dan pembangunan, Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran mengingatkan setiap pemerintah kota dan kabupaten agar bisa menggali semua potensi daerahnya masing-masing. Yang menurutnya pemerintah setempat tak boleh bergantung pada satu potensi, melainkan semua sektor harus dioptimalkan.

Pemerintah saat ini difokuskan pada pembangunan infrastruktur , pendidikan, kesehatan, serta perekonomian masyarakat. Yang menyebabkan hal itu membutuhkan anggaran, karenanya pemerintah setempat juga perlu memikirkan cara untuk mencari sumber pendapatan lain untuk membiayai semua keperluan yang ada.

”Kalau cuma mengandalkan satu sektor, karena di tiap daerah itu sudah pasti lebih dari satu potensi yang ada. Jadi, semuanya tergantung itu dimanfaatkan saja,” katanya, Sampit Prokal, Senin (21/01/2019).

Sabran juga melanjutkan, bahwa sektor pariwisata adalah sumber pemasukan yang perlu diperhatikan. Ia berharap, setidaknya ada peningkatan di sektor pariwisata. Seperti di wilayah Kotawaringin Barat ada Taman Tanjung Putting, Gosong Senggora, dan sebagainya sebagai potensi pariwisata yang tak kalah dengan wilayah lainnya.

”Kalau di Kabupaten Kotawaringin Timur ada Pantai Ujung Pandaran, sementara Kota Palangka Raya ada Kereng Bangkirai, Taman Nasional Sebangau, wisata susur sungai, dan sebagainya. Begitu juga dengan kabupaten lainnya yang juga memiliki objek wisata unggulannya masing-masing,” lanjutnya.

Dari segi pertanian, tegasnya, ia menyarakan juga harus diperkuat. Lantaran di sejumlah Kabupaten Kalteng dianggapa pontensial untuk produk seperti perkebunan kopi, kakao, tebu, dan lainnya. Dari upaya ini, adalah langkah untuk mengurangi ketergantungan petani Kalteng yang masih mengandalkan karet dan rotan. Dengan demikian ketika ada krisis secara global komoditi lainnya di wilayah Kalteng bisa bertahan.

”Sehingga kalau terjadi krisis secara global, harga batu bara turun, harga sawit turun, karet turun, rotan turun, namun komoditi lain diharapkan masih sanggup bertahan. Ini yang saya harapkan dengan ekonomi kita,” tutupnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>