Momen kunjungan Gubernur Kalteng Kujungi Pelabuhan Bahaur. Dok. Tribun

Ekonomi Kalteng 5,64 Persen, Lebih Baik dari Nasional

eRHa45—Berdasarkan data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2018 telah mencapai Rp 138.740,7 miliar. Sedangkan jika melihat atas dasar konstan 2018 tercatat Rp 94.595,7 miliar atau tumbuh 5,64 persen lebih baik dari nasional yang hanya 5,17 persen.

Laporan Kalamanthana mencatat, bahwa Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kalteng mengungkapkan pertumbuhan tertinggi dicapai di sektor perdagangan besar, eceran, dan reparasi mobil, sepeda motor yang terhitung mencapai 11,30 persen.

“Ekonomi Kalimantan Tengah triwulan IV,2018 bila dibandingkan triwulan IV 2017 (y-on-y) tumbuh 6,12 persen,”ujarnya.

Data lainnya untuk angka pertumbuhan, tertinggi dicapai oleh kategori transportasi dan pergudangan yang tumbuh 26,61 persen. Sedangkan Kategori Jasa Keuangan mengalami kontraksi.

Jika dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen ekspor yang tumbuh 17,88 persen, diikuti pengeluaran konsumsi LNPRT 8,89 persen dan pengeluaran konsumsi pemerintah (PKP) sebesar 5.50 persen.

Lalu ekonomi Kalimantan Tengah triwulan IV 2018 jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya (q-to-q) tumbuh 1,05 persen. Dari sisi kontraksi pertumbuhan, terbaik dicapai oleh kategori konstruksi yang tumbuh 7,66 persen.

Tidak hanya kategori jasa keuangan yang mengalami kontraksi, kategori industri pengolahan pun bernasib sama.

Sementara dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen PKP yang tumbuh 5,77 persen dan diikuti oleh pembentukan modal tetap bruto (PMTB) sebesar 3,68 persen.

Tetapi struktur ekonomi Kalimantan secara spasial pada tahun 2018 masih didominasi Provinsi Kalimantan Timur sebesar 51,93 persen. Kalimantan Tengah berada di urutan keempat dengan kontribusi sebesar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>