Suasana Pemakaman Ir Reinout Sylvanus

Mengenang Ir Reinout Sylvanus, Gubernur Kalteng Ke-2 yang Visioner

eRHa45— Wafatnya Ir Reinout  Sylvanus meninggalkan banyak duka yang mendalam bagi bagi keluarga dan masyarakat Kalimantan Tengah. Sosok yang akrab dengan masyarakat memberikan bekas tersendiri bagi jajaran pemerintahan Pemprov Kalimantan Tengah (Kalteng).

Ia telah berpulang ke pangkuan Tuhan, Mantan Gubernur kedua (1967-1968) itu dimakamkan militer pada Rabu (27/2/2019) tepatnya di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sanaman lampang, jalan Tjilik Riwut, Palangkaraya.

Terlihat beberapa pejabat yang hadir di pemakaman tersebut, diantaranya  Fahrizal Fitri dan beberapa kepala SOPD. Selain itu juga nampak kepala daerah dari Kabupaten/Kota se-Kalteng diantaranya Bupati Katingan Sakariyas, Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph dan Wakil Walikota Palangka Raya Hj Umi Mastikah. Serta hadir pula Mantan Wakil Gubernur Kalteng H Ahmad Diran dan Mantan Walikota Palangka Raya Lukas Tingkes.

“Saya mengenal beliau sejak beliau masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Kalteng pada periode Pak Tjilik Riwut saat itu menjadi Gubernur pada tahun 1963,” ucap Lukas Tingkes, mengutip laporan Beritasampit.

Lukas menjelaskan bahwa Reinout Sylvanus selama riwayat hidupnya ia adalah sosok yang pemikir. Dari sosok pemikir itulah muncul perencanaan pembangunan di Kalimantan Tengah.

Sehingga, tegas Lukas, Reinout Sylvanus salah satu orang pendiri Kalimantan Tengah dengan meletakan dasar-dasar perencanaan yang hasinya dapat kita rasakan saat ini.

Sementara itu menurut mantan Wakil Gubernur Kalteng H Ahmad Diran bahwa dia mengenal sosok alm Ir Reinout Sylvanus adalah sosok yang selalu disiplin dan tepat waktu pada massanya serta merupakan sosok yang visioner. Oleh karena itu Diran mengimbau agar generasi muda sekarang dapat mencontoh apa yang ada dari sosok beliau.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>