Bandara Tjilik Riwut Disaat Senja, Dok.Instagram Bandara Tjilik Riwut

Presiden Resmikan Terminal Baru Bandara Tjilik Riwut

eRHa45—Terminal Bandar Udara (Bandara) Tjilik Riwut Palangkaraya saat ini telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, pada Rabu (8/4/2019).

Bandara yang sebenarnya sudah mulai aktif pada 23 Maret 2019, Presiden bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi optimis dengan adanya bandara baru ini bisa mendongkrak daya wisata Kalimantan Tengah (Kalteng). Tak sampai di situ Joko Widodo pun menambahkan bandara Tjilik Riwut diyakinkan bakal menjadi motor ekonomi Provinsi Kalteng.

“Pembangunan bandara yang dilakukan kurang lebih 4 tahun sudah selesai, anggaran pembangunan ini Rp 700 miliar. Yang jelas ini antisipasi kebutuhan penumpang yang sangat tinggi, jadi diharapkan bisa mendukung pertumbuhan ekonomi Kalimatan Tengah,” ujar Joko Widodo saat peresmian.

Terminal baru Bandara Tjilik Riwut memiliki luas 29.124 m2 dan dapat menampung hingga 2.200 orang per harinya. Sebelumnya, terminal lama hanya dapat menampung 600 orang saja.

Saat ini, ada enam maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Palangkaraya, antara lain Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Wings Air dan Transnusa.

Ke depannya, akan ada pembukaan kembali beberapa rute yang sebelumnya ditutup, seperti penerbangan dari Solo-Palangkaraya serta Jakarta-Palangkaraya.

Untuk penambahan rute sendiri, Kemenhub menyatakan akan merealisasikannya meski belum ada jumlah yang tepat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>