Momen Presiden Joko Widodo bersalaman dengan Rahmat Nasution Hamka.

Dukung Ibu Kota Dipindahkan, Hamka Kagum Presiden Jokowi Ialah Sosok yang Visioner

eRHa45—Isu pemindahan Ibu Kota Jakarta yang sebelumnya selalu jadi perbincangan klasik masyarakat, kini telah menemukan titik terang. Hal ini ditegaskan saat Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas di Kantor Kepresidenan, yang memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota ke luar Pulau Jawa.

Melalui Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menjelaskan, prosesnya dalam rapat terbatas tersebut sudah dihadirkan tiga alternatif. Pertama, ialah Ibu Kota tetap di Jakarta dengan catatan perlu disediakan wilayah khusus untuk memudah kordinasi antar lembaga.

Bambang mencontohkan, demi kemudahan kordinasi. Daerah sekiar Monas perlu dibuat lingkungan khusus untuk kantor-kantor kementerian, maupun unit pemerintahan lainnya. Kedua, Ibu Kota akan dipindahkan dari Jakarta, namun hanya sejauh 50-70 kilometer.

Kemudian alternatif terakhir ialah seperti saat ini diketahui, pusat pemerintahan dipindahkan di luar Pulau Jawa. Atau lebih tepatnya dipindahkan di ke wilayah bagian timur Indonesia.

“Dalam rapat tadi diputuskan, Presiden memilih alternatif ketiga, yaitu memindahkan Ibu Kota ke luar Jawa. Ini barangkali salah satu putusan penting yang dilahirkan hari ini,” kata Bambang, melalui Tribun, Senin, (29/4/2019).

Namun untuk di mana letak Ibu Kota nanti, pemerintah masih belum menetapkan. Menurutnya jika sudah menyentuh pembahasan ini, perlu ada upaya pembicaraan intensif dengan stakeholder terkait.

Menanggapi hal ini Anggota DPR RI Rahmat Nasution Hamka menegaskan memang sudah seharusnya keputusan pemindahan Ibu Kota dilakukan. Hamka juga turut bangga dengan keputusan Presiden Jokowi yang baginya sangat visioner melihat Indonesia ke depan.

“Ini sejalan dengan visi presiden diperiode kedua ini nanti yaitu Indonesia Maju. Kita berharap segera ada tahapan konkrit agar dapat dilaksanakan sesuai arahan Presiden yang menginginkan agar pemindahan Ibu Kota ini sungguh-sungguh bukan sekedar wacana lagi.” Imbuhnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>