Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Pemindahan Ibu Kota Baru Dipercaya Mampu Tumbuhkan Perekonomian Kalteng

eRHa45—Rencana pemindahan ibu kota baru yang akan dilakukan dalam jangka panjang, pemerintah pusat berharap hal tersebut mampu mendorong perekonomian yang sebelumnya masih sangat bergantung dengan pengeloaan sumber daya alam.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brojonegoro menjelaskan, untuk wilayah Klimantan Tengah (Kalteng) perkembangan perekonomiannya masih syarat terpengaruh oleh rendahnya komoditas serta ketergantungan dari sektor sumber daya di wilayahnya.

Untuk itu, tegas Bambang, ia ingin membangun ekonomi Kalteng dengan menjadikan Kalteng sebagai kandidat ibu kota baru yang, seperti yang diberikatakan sampai saat ini.

“Kita ingin upaya membangkitkan ekonomi Kalimantan sebagai salah satu kandidat kuat ibukota baru,” kata Bambang, di Kantor Staf Presiden, Senin (13/5/2019).

Walaupun sampai saat ini, pemerintah pusat masih belum mengumumkan secara resmi kapan dan di mana wilayah pasti untuk segera dijadikan sebagai ibu kota baru.

Namun berdasrkan dari tinjauan langsung yang dilakukan Presiden Joko Widodo, wilayah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur dianggap sebagai wilayah potensial untuk ibu kota baru tersebut.

Bambang menambahkan, upaya yang dilakukan Presiden Jokowi ialah langkah strategis pemerataan ekonomi yang selama ini masih sangat terpusat di Pulau Jawa—khususnya Jakarta, yang hingga sampai saat ini telah menunjukan tanda-tanda penurunan permukaan tanah.

Dengan ibu kota baru dapat memunciptakan titik-titik baru perekonomian, terutama wilayah yang belum sama sekali tersentuh sekalipun. “Pasti akan ada dampak pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar ibukota baru dan terutama untuk wilayah itu sendiri.”

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>