Lebihi Target, Royalti Tambang Kalteng Capai Rp1 Triliun

eRHa45—Pemprov Kalimantan Tengah terus optimis untuk terus meningkatkan royalti dari sektor pertambangan. Dengan semakin tinggi royalti yang didapat dipastikan nilai bagi hasil yang masuk kas Provinsi Kalimantan Tengah pun semakin besar.

Gubernur Kalimantan Tengah menjelaskan, upaya ini dilakukan perlu didukung oleh semua pihak. Khususnya bagi yang bergerak di pengawasan angkutan barang. Pengawasan optimal menurutnya mampu memperkecil lalu lintas angkutan barang ilegal yang kerap terjadi.

“Dalam beberapa tahun terakhir, memang terlihat peningkatan royalti. Tapi bicara soal keinginan untuk terus membuatnya meningkat, tentu tidak lepas dari kerja keras semua. Pengawasan di lapangan harus betul-betul diperkuat,” ucapnya, melalui Prokal.co (11/06/2019).

Ia menekankan agar instansi terkait seperti Dinas Perhubungan dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan pemantauan pada pos-posnya. Sugianto juga menambahkan bahwa kerjasama dengan dengan pihak Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) agar lebih mudah dikontrol.

“Pengawasan ini sebagai upaya menuntut kepatuhan pengusaha terhadap kewajibannya, sehingga berimplikasi pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD),” ucapnya.

Menanggapi hal ini Kepala Dinas ESDM Kalteng Ermal Subhan mengungkapkan, bahwa sampai saat ini pendapatan royalti di sektor pertambangan tercata sudah terkumpul Rp1 triliun. Bahkan sudah mencapai target yang diinginkan yakni Rp750 miliar.

Meski begitu, Subhan tepat terus menekan agar diakhir tahun ini capaiannya bisa mencapai Rp2 triliun.

“Jadi kami akan mencoba menaikkan terus pemasukannya. Kalau sampai Rp 2 triliun, tentu optimis sekalipun hasilnya tergantung hasil produksi,” kata Subhan.

Subhan menjelaskan kondisi kepatuhan perusahaan membayar royalti cukup positif. Namun ketika ada beberapa perusahaan nakal, ia akan melakukan pengawasan berkesinambungan dengan pemantauan pos-pos lalu lintas tambang.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>