PERHATIKAN KESEHATAN: Gubernur Kalteng Sugianto Sabran didampingi istri saat peringatan Hari Kesehatan, beberapa waktu lalu. Dok. Radar Sampit

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Gubernur Kalteng: Semuanya Harus Ambil Peran

eRHa45—Demi meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Kalimantan Tengah (Kalteng), Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menekan beberapa pihak terkait di bidang pelayanan kesehatan semua jenjang untuk segera meningkatkan standar kualitas pelayanannya.

Sabran menjelaskan, persoalan ini harus dituntaskan apabila kualitas kesehatan masyarakat terjamin. Tak hanya itu, ia juga meminta instansi Puskesmas,Rumah Sakit, seta seluruh jajaran Pemprov Kalteng diminta mengerahkan seluruh upaya dan solusi untuk menyelesaikan persoalan kesehatan di wilayah maisng-masing.

“Karena kesehatan ini merupakan layanan dasar sewajibnya mudah dijangkau masyarakat, maka dari sisi pelayanan harus ditingkatkan lagi. Puskesmas, rumah sakit dan tenaga kesehatan di dalamnya harus mengambil peran, khususnya yang berkaitan dengan masyarakat,” katanya kemarin, Radar Sampit (12/06/2019).

Menurutnya sejumlah anggaran untuk hal tersebut sudah dipersiapkan, bahkan jumlah nominalnya pun terbilang cukup besar. Sehingga sudah bisa meng-cover segala kendala yang terjadi.

“Yang namanya perbaikan dan peningkatan itu wajib dilakukan pemerintah, apalagi kalau berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat. Soal kesehatan ini menjadi kebutuhan utama yang harus ada dan mudah, jadi semua sisinya harus terpadu,” ucapnya.

Terlihat Pemprov Kalteng dalam hal terlihat serius dalam menangani pelayanan kesehatan di berebagi tingkat pemerintahan. Namun, Bagi Sabran kualitas baik atau tidaknya pelayanan kesehatan ini bergantung pemerintah setempat menerapkan program yang sudah direncakan oleh pemerintah pusat.

Maka dari itu, kabupaten dan kota dituntut memerhatikan semua lini yang berkaitan dengan pembangunan kesehatan, baik dari sisi sarana dan prasaran, sampai dengan sumber daya manusia (SDM) di bidang tersebut.

“Ya, hal ini dapat dilihat melalui hasil-hasil pembangunan kesehatan, di antaranya upaya mendekatkan akses pelayanan kesehatan dan peningkatan mutu layanan kepada masyarakat,” bebernya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>