Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan Yulistra Ivo Azhari ikut bakar jagung di Bundaran Besar Palangka Raya dalam rangka HUT ke-62 Provinsi Kalteng dan memecahkan rekor Muri, Minggu Dok. Jagad menggala

Produksi Pangan Padi dan Jangung Kalteng Meningkat

eRHa45—Pemprov Kalimantan Tengah (Kalteng) tercatat positif dalam mengembangkan bidang pertanian dan pangan. Hal ini terlihat dari pertanian komoditas padi dan jagung yang mulai meningkat dari tahun ke tahun.

“Untuk pertanian jangung kita selama pimpinan Kadis Pertanian, Ibu Sunarti sangat luar biasa,” ungkap Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Kalteng Pos, Senin (17/06/2019).

Ia menjelaskan bahwa produksi jagung Kalteng di tahun 2016 hanya mencapai 12 ribu ton per tahun. Kemudian di tahun 2016 mulai nampak peningkatan yakni mencapai 16 ribu ton pertahun, lalu 2017 hampir 67 ribu ton pertahun dan 2018 naik lagi menjadi 100 ribu ton per tahun.

“ini prestasi yang luar biasa” ujarnya.

Peningkatan jumlah produksi tersebut, dinilai tak luput dari lahan 200 hektare yang diberikan Kementerian Pertanian RI untuk komoditas tanaman jagung. Akan tetapi kenyataannya dengan hanya dibuka 50 hektare saja dari lahan yang disediakan terlihat sudah sangat optimal. Tak hanya itu, bantuan yang diberikan Kementerian Pertanian RI juga meliputi bibit jangung unggul.

“Untuk lahan yang sudah dibuka, Kabupaten Barito Utara 30 ribu hektar, sisa nya di beberapa kabupaten lain,” lanjutnya.

Inovasi lainnya agar Pendapatan Asli Daerah (PAD), Sugianto menjelaskan memanfaatkan komoditas tanaman jagung bukan semata bahan pokok untuk keseharian masyarakat. Melainkan, memanfaatkan komoditas tanaman jagung tersebut sebagai bahan makanan ternak. Sehingga Kalteng saat ini sudah mampu menembus pasar sampai ke Banjarmasin melalui penjual pakan ternak.

“Jagung yang kita tanam ada 2 jenis, yakni jagung manis seperti yang kita bakar tadi dan jagung yang buat pangan ternak,” kata Sugianto.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>