Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Rahmat Nasutioan Hamka Kunjungi SMAN 5 Palangka Raya - Foto: Media Center Isen Mulang Palangka Raya, Dok. Gesuri.id

Potensi Menjanjikan, Rahmat Hamka Dukung Teknopolitan di Kab. Pelalwan

eRHa45—Pemrov Kalimantan Tengah (Kalteng) melihat begitu besar potensi sumber daya di Kabupaten Pelalawan untuk dikembangkan menjadi kawasan Teknopolitan. Hal ini juga membuat Anggota Komisi V DPR Fraksi PDI Perjuangan Rahmat Hamka untuk mengusulkan pengembangan kawasan Teknopolitan tersebut ke pemerintah pusat.

Menurutnya pengembangan model Teknopolitan di Kabupaten Pelalawan bisa terintegrasi dengan potensi banyak sektor, diantaranya ialah agro wisata. Serta kemudahan akses bagi masyarakat sekitar.

“Saya melihat kawasan Teknopolitan yang akan dikembangkan ini mengarah kepada hilirisasi kelapa sawit, karena komoditas ekspor dari kelapa sawit sangat besar. Apalagi Riau ini penyumbang terbesar potensi sawit, kedepan ini bisa menjadi suatu bentuk icon yang harus ditonjolkan,” jelas Rahmad saat mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspek) Komisi V ke Kabupaten Pelalawan, Riau, Gesuri.id, Kamis (20/6/2019).

Tak hanya itu, lanjutnya, dengan adanya Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (ST2P) di kawasan tersebut bisa sangat bermanfaat dengan apa yang dikaji di sekolah tersebut. Salah satunya kajian yang sedang dilakukan ialah soal perkebunan sawit, sehingga bisa memberi dampak lebih untuk kualitas panen kelapa sawit.

Selain itu, Rahmat juga menyoroti konektifitas menuju Teknopolitan Pelalawan. “Saya pikir perlu adanya jalan-jalan yang menghubungkan ke sentra-sentra lain, seperti tempat wisata Bono, ada juga pelabuhan yang akan dibangun menuju Singapura dan Johor. Akses jalan ini perlu dikembangan, sehingga mudah konektifitasnya oleh para wisatawan,” ujar Wakil Rakyat asal Kalimantan Tengah ini.

Ia menginformasikan bahwa PT. Angkasa Pura II kedepan akan melakukan pengembangan Bandar udara (Bandara) yang akan diarahkan kawasan Teknopolitan Pelalawan. “Menurut saya ini perlu dipikirkan dari sekarang, dengan membuat kajian-kajian. Saya mendapatkan informasi AP II akan mengintegrasikan beberapa wilayah di Riau yang cukup strategis,” tandas Rahmat.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Pelalawan Muhammad Harris mengatakan pihaknya memiliki beberapa program prioritas untuk pengembangan Teknopolitan Pelalawan, yaitu  pembangunan kawasan Science Teknologi Pelalawan dan Teknopolitan, pembangunan kawasan Wisata Bono, serta pengembangan kawasan sentra pertanian padi.

“Mudah-mudahan pengembangan kawasan ini bisa sama-sama kita selesaikan, sudah ada  pembahasan dari Presiden dan Menko Maritim, serta saya sudah membahas juga dengan Ketua DPR dan diarahkan agar berkoordinasi juga dengan komisi terkait. Nanti, tanggal 25 juga akan, ada pembahasan lintas kementerian,” tutupnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>