Bupati Kantingan, Dok.BeritaSampit

Siapkan Lahan, Bupati Kantingan Yakin Pemindahan Ibu Kota RI Ada di Kalteng

eRHa45—Bupati Kantingan Sakariyas menjelaskan, bahwa Ibu Kota Negara RI kemungkinan 80 persen akan dipindahkan ke Kalimantan Tengah (Kalteng). Ia juga mengaku saat ini Kabupaten Kantingan telah menyiapkan lahan seluas 112 ribu hektare untuk rencana pemindahan Ibu Kota RI.

“Lahan Kabupaten Katingan ini sudah kita usulkan kemarin salah satunya tempat Perumahan, Pelabuhan udara, Pelabuhan Laut, dan Bisnis,” terang Sakariyas, saat Kegiatan Rakordal di aula Kantor Bappelitbang Katingan, Kamis, Beritasampit (11/7/2019).

Di samping itu ada Kabupaten Gunung Mas juga telah menyiapkan lahan kuran lebih 120 ribu hektare, dan Kota Palangkaraya sekitar 80 hektare.

“Lahan yang disediakan salah satunya tempat Perkantor, Istana Negara, DPR RI. Jadi kurang lebih ada sekitar 300 ribu hektare lahan yang akan disiapkan di Kalimantan Tengah,” terangnya.

Menurutnya penduduk Kalimantan Tengah jumlahnya diperkirakan lebih dari satu juta enam ratus. Seiring dengan keputusan pemindahan Ibu Kota nantinya, penambahan jumlah lahan adalah antisipasi ketika pertumbuhan jumlah penduduk meningkat.

“Oleh karena itulah, kita harus mempersiapkan diri. Masyarakat Kabupaten Katingan harus siap termasuk perusahaan-perusahaan perkebunan yang ada. Mulai saat ya kita harus mempersiapkan diri,” ungkapnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>