Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dan Bupati Batara H Nadalsyah salam komando saat perayaan HUT ke-69 Batara di Tiara Batara, Senin siang (29/7). (Pemprov Kalteng)

Gubernur Kalteng Puji Kinerja Bupati Barito Utara

eRHa45—Salah satu upaya untuk bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat ialah dengan meningkatkan taraf perekonomian masyarakat yang ada di suatu daerah. Tentu dalam mengatasinya, peran seorang Kepala Daerah yang cerdik sangat diperlukan dalam hal tersebut.

Seperti yang dilakukan Bupati Barito Utara (Batara) Nadalsyah yang tak hentinya mengupayakan pembangunan insfrastruktur di wilayahnya guna menunjang mobilitas masyarakat. Melihat kinerja Bupati yang positif, Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran memberikan pujian terhadap Bupati Nadalsyah.

Menurut Sugianto, sapaan akrab Gubernur Kalteng tersebut. Nadalsyah dikenal sebagai seorang yang sedikit bicara, namun banyak kerja ketika di lapangan. Ia juga seorang yang tak main-main dalam menyuarakan pembangunan daerah untuk taraf ekonomi masyarakat.

Tak hanya itu, hanya Kabupaten Batara yang dapat menjawab tantangan menanam jagung, yang dampaknya sudah sangat jelas terlihat dari peningkatan produksi jagung Kalteng meningkat.

“Lahan Kalteng sangat luas. Kenapa kita tidak mampu menyiapkan lahan pertanian,” ucap Sugianto, Beritasampit, Rabu (31/7/2019).

Atas dasar kinerja wilayah Batara ini, kemudian Gubernur Kalteng menginstruksikan bagi Kepala Daerah lain untuk terus berupaya meningkatkan produksi dan SDM yang ada di wilayahnya.

Sugianto dengan acuan data yang dipegangnya mengutarakan, bahwa melalui Dinas Pendidikan program beasiswa bidik misi untuk membantu 10.000 Mahasiswa kurang mampu, Pemprov Kalteng telah mengeluarkan anggaran Rp31 miliar di wilayah Batara.

“Anak-anak di Kalteng, jangan sampai ada yang putus sekolah. Anggarkan dari APBD. Anak-anak Kalteng wajib bersekolah. Kitalah (para kepala daerah, red) yang berjuang. Kadisdik dan bupati, cari orang yang sangat miskin. Kita bantu anak-anaknya untuk kuliah,” lanjutnya.

Bahkan dari segi kesehatan kelak diupayakan untuk membangun rumah sakit tipe A, agar masyarakat Kalteng ketika sakit tak perlu lagi berobat jauh hingga keluar daerah Kalteng. Yang menjadi catatan penting di sini ialah, ketika rumah sakit ini terealisasi Sugianto menekankan agar setiap rumah sakit yang ada, tidak menolak masyarakt miskin.

“Jika ini ditemukan, tegas Sugianto pecat saja direkturnya” tandasnya.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>