Gubernur Kalteng Bersiap Patenkan Temuan Obat Kanker Payudara

eRHa45–Melihat temuan obat kanker payudara hasil karya siswi Kalimantan Tengah (Kalteng), Gubernur Kalteng Sugainto Sabran berniat akan mempatenkan temuan tersebut dalam waktu dekat. Ia juga bangga karena karya pemuda Kalteng mampu menembus kompetisi Internasional dalam bidang kesehatan.

“Obat kanker yang ditemukan tiga pelajar dari SMA-2 Palangka Raya itu segera dipatenkan, bahwasanya obat dari tumbuhan yang mereka olah dari batang pohon tersebut takutnya kalau tidak dipatenkan diambil oleh negara lain,” ungkap Sabran, Media Indonesia (13/8/2019).

Ia juga menjelaskan, Kalteng tidak hanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni, keanekaragaman hayati pun sangat kaya. Salah satunya ialah akar tanaman Bajakah yang diklaim mampu mengobati kanker payudara.

Untuk dapat mengembangkan temuan lebih jauh, Sabran memperintahkan Kepala Dinas Kesahatan Kalteng untuk segera melakukan penelitian, agar siap dipatenkan.

“Mereka ini juga sudah pernah memenangkan kejuaraan dunia di Korea tentang hal ini. Maka dari itu mereka harus benar-benar diperhatikan, karena apa yang didapatkan mereka itu sangat langka di dunia ini dan bahan obat tersebut hanya ada di Kalteng,” ucapnya.

“Kalau rumah sakit khusus pasien kanker dibuat di Palangka Raya, masyarakat dari luar daerah akan berobat ke sini dan pemasukan daerah tentunya juga akan meningkat. Apalagi obat penyembuh kanker itu hanya ada di daerah kita saja dan belum diketahui siapa pun cara pembuatannya selain tiga siswa SMAN-2 tersebut,” tandasnya

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>