Gubernur Kalteng, Kantogi Satu Nama Palaku Pembakar Lahan

eRHa45—kebakaran lahan yang kerap melanda Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), saat ini satu orang pelaku sudah tertangkap. Tertangkapnya Haryadi (43), menjadi pintu masuk utama untuk meringkus pelaku lainnya yang selalu melakukan pembakaran lahan.

“Kemarin sempat saya tanya (pelaku, red) kenapa membakar lahan. Dia mengaku orang Seruyan dan tinggal di Kotawaringin Barat serta bekerja di PT Tanjung Lingga. Setelah kita cek tidak ada. Inikan seperti sudah diajari. Bahkan ketika ditanya wartawan mengaku membakar agar kepala daerah diganti,” ujar Gubernur Sugianto Sabran menceritakan percakapannya dengan pelaku pembakaran lahan, Tribun (14/8/2019).

Gubernur Kalteng juga menambahkan bahwa selama menanyakan apa maksud dari kegiatan mereka selama ini. Sayangnya pelaku sering menjelaskan dengan keterangan yang berbeda-beda. Tapi yang menjadi poin penting adalah, ada satu orang pelaku yang mengaku dari kegiatan membakar hutan dibalik itu ada satu orang yang mengatur mereka.

“Pelaku sudah mengakui disuruh oleh seseorang untuk membakar. Dan pelaku sudah menyebutkan nama seseorang yang memberi perintah tersebut. Ini memang tidak saya ungkap kemarin karena kami minta ini diselidiki,” ujarnya.

Sebenarnya Sugianto sangat menyeyangkan apa yang mereka lakukan. Sehingga ia kemudian meminta untuk siapapun nanti yang terlibat dari kebakaran lahan. Aparat tidak pandang bulu untuk bertindak agar masyarakat Kalteng tidak lagi dirugikan.

 

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>