Momen Sugianto Sabran Saat Berbincang dengan Ketua Karang Taruna Kalteng Abdul Hafid (kiri) belum lama ini di Sampit dalam kegiatan Kebangsaan, Dok.Beritasampit

Kalimantan Tengah Sudah Saatnya Miliki Industri Hilir

eRHa45—Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran berharap ke depan seluruh komoditi yang berasal dari Kalteng pengelolaan industri hilir dari suatu perusahaan pun harus berada di tanah Kalteng. Ini dikarenakan, fakta yang ada saat ini beberapa komoditi yang berasal dari Kalteng, justru industrinya berada di luar dan umumnya ada di Pulau Jawa.

“Selama ini Kalteng hanya dilewati saja dan hilirnya tidak ada di Kalteng. Jika hulunya di Kalteng kemudian industri hilirnya di Pulau Jawa kan tidak pas, tentu Kalteng dan Kalimantan secara umum yang menjadi hulu industri dirugikan,” katanya, Selasa,KaltengPos (20/8/2019).

Dengan demikian, lanjutnya, jika industri hilir ada di Kalteng merupakan kunci untuk proses pembangunan. Yang perlu diketahui saat ini, semua produk dari turunan hasil alam Kalteng cukup banyak sehingga pengelolaan secara langsung di tempat perlu diupayakan.

Gubernur juga menjelaskan, bahwa dalam pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), Kalteng memiliki komoditi pertanian yang saat ini sedang dikembangkan agar perekonomian Kalteng tidak tergantung dengan tambang dan crude palm oil (CPO) kelapa sawit.

“Kemarin sudah dilaksanakan launching Program Benih Unggul Perkebunan atau BUN 500 juta bibit di Kalteng oleh Kementerian Pertanian (Kemantan), untuk dikembangkan,” ungkapnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>