Ilustrasi Tanaman Pangan, Dok. Pihak Ketiga (Pertanianku.com)

Manajemen Pembenihan Kalteng Positif, Kementan Upayakan Bibit Varietas Unggul Bersertifikat

eRHa45—Dalam upaya peningkatan pangan nasional, Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya agar sasaran produksi tercapai. Salah satunya adalah penggunaan bibit variatas unggul yang bersertifikat.

Dijelaskan oleh Sub Direktorat Pengawasan Mutu Benih, Ditjen Tanaman Pangan Catur Setiawan, penggunaan varietas bibit unggul bersertifikat akan diiringi dengan penerapan teknologi terkini. Yang nanti hasilnya diharapkan mampu meningkatkan produksifitas tanaman pangan nasional.

“Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas tanaman pangan dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional, pemerintah dari tahun ke tahun telah mengalokasikan bantuan benih melalui baik itu Bantuan Benih, Cadangan Benih Nasional maupun Subsidi Harga Benih,” ujar di Jakarta, Senin, Tribun (26/8/2019).

Menurutnya target Kementan para Petani sudah lebih 50 persen menggunakan bibit unggul tersebut, dan akan terus ditingkatkan agar pemerataan bibit unggul bisa dirasakan oleh semua petani.

“Ada sekitar 52,67 persen untuk padi, 52,68 persen untuk jagung dan 53,18 persen untuk kedelai,” sebutnya.

Ia mencontohlan pada 21 Agustus 2019 lalu, Kalimantan Tengah (Kalteng) tercatat positif dalam manajemen pembenihan tanaman pangan. Sehingga kebutuhan dan penyediaan benihnya terencana sangat baik.

Menyikapi hal tersebut, Kepala UPTD BPSB Pemprov Kalteng Yandi Saden menjelaskan, bahwa dari apa yang sudah dilakukan di wilayahnya selama ini tak terlepas dari peran pemerintah pusat. Ia juga berharap dari yang sudah evaluasi selama ini, pihaknya menyatakan agar pihak produsen benih bisa meningkatkan terus produksinya.

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>